Bisnis, Fashion & Hobby

10 Orang Terkaya di Indonesia Pada Tahun 2016

Walau kondisi ekonomi di Indonesia berjalan lambat, namun Indonesia tetap memiliki konglomerat-konglomerat dengan kekayaan yang menggiurkan. Di antara daftar nama konglomerat terkaya di Indonesia berikut ini, ada beberapa nama lama yang masih betah bertahan. Namun ada juga nama-nama baru yang berhasil menggantikan beberapa nama lama. Siapa sajakah itu? Berikut ini merupakan 10 orang terkaya di Indonesia tahun 2016.


10Eddy Kusnadi Sariaatmadja

orangterkayaindo10

Eddy Kusnadi Sariaatmadja merupakan pemilik dari Emtek Group yang memiliki kekayaan sebesar US$ 1,6 milliar hingga saat ini. Ia merupakan pemilik dari SCTV dan Indosiar, yang termasuk sebagai saluran televisi terbesar di Indonesia.


9Peter Sondakh

orangterkayaindo9

Peter Sondakh mendirikan perusahaan bernama PT. Rajawali Corporation saat usianya masih 22 tahun. Melalui perusahaan ini, Peter Sondakh berbisnis properti sebagai perluasan dari bisnis yang sudah ditekuni ayahnya. Kekayaannya mencapai US$ 1,8 milliar pada tahun 2016.


8Murdaya Poo

orangterkayaindo8

Murdaya Poo menempati posisi ke-8 sebagai orang terkaya di Indonesia tahun 2016, dengan total kekayaan sebesar US$ 1,9 milliar. Sumber kekayaan Murdaya berasal dari sektor energi, industri, dan lainnya.


7Tahir

orangterkayaindo7

Dato’ Sri Tahir merupakan seorang pengusaha di Indonesia. Selain sebagai pengusaha, ia juga seorang investor, filantropis, sekaligus pendiri dari Mayapada Group. Kekayaan Tahir hingga tahun 2016 ini mencapai US$ 2 milliar.


6Mochtar Riady

orangterkayaindo6

Posisi keenam ditempati oleh Mochtar Riady yang merupakan pengusaha Indonesia terkemuka. Ia adalah seorang pendiri sekaligus presiden komisaris dari Lippo Grup. Dengan kekayaan sebesar US$ 2,1 milliar, namanya melambung menjadi salah satu konglomerat keturunan Tionghoa-Indonesia hingga ke mancanegara.


5Bachtiar Karim

bachtiar

Bachtiar Karim dikenal sebagai pimpinan dari Musim Mas Group yang bergerak di lini bisnis utama minyak sawit atau CPO. Perusahaan ini mempunyai kapal tanker dan terminal sendiri. Ia memulai bisnisnya dari dasar, walaupun bisnis ini memang telah diturunkan dari keluarganya. Kekayaan Bachtiar Karim pada tahun 2016 ini mencapai US$ 3,2 miliar.


4Sri Prakash Lohia

orangterkayaindo4

Peringkat keempat diduduki oleh Sri Prakash Lohia yang merupakan pendiri sekaligus ketua dari Indorama Corporation. Indorama Corporation merupakan perusahaan petrokimia dan tekstil di tanah air. Pria yang lahir dan besar di India ini memiliki kekayaan sebesar US$ 4,2 miliar.


3Chairul Tanjung

orangterkayaindo3

Chairul Tanjung merupakan pengusaha sekaligus Menko Perekonomian. Ia sempat menjadi Menko Perekonomian pada 19 Mei 2014 hingga 27 Oktober 2014 karena menggantikan Hatta Rajasa. Nama Chairul terkenal sebagai pengusaha sukses yang memimpin CT Corp. Total kekayaannya mencapai US$ 4,9 miliar.


2Michael Bambang Hartono

orangterkayaindo2

Ia merupakan salah satu pemilik perusahaan rokok Djarum. Michael merupakan kakak dari Robert Budi Hartono. Keduanya mewarisi Djarum setelah ayah mereka, Oei Gwan, meninggal pada tahun 1963. Tahun 2016 ini, kekayaan Michael mencapai US$ 7,9 miliar.


1Robert Budi Hartono

orangterkayaindo1

Peringkat satu diduduki oleh Robert Budi Hartono. Namanya juga tercantum di majalah Forbes dengan predikat orang terkaya nomor 131 di dunia. Ia merupakan pendiri perusahaan Djarum, yaitu Oei Wie Gwan. Total kekayaannya pada tahun 2016 ini sebesar US$ 8,1 miliar atau sekitar Rp 105,3 triliun. Kekayaannya berasal dari bisnis utamanya, yakni rokok. Selain itu, ia juga memiliki sebagian besar saham Bank BCA.


Itu tadi sepuluh orang terkaya yang ada di Indonesia tahun 2016. Jika disimpulkan, orang terkaya di Indonesia memang didominasi oleh seorang pengusaha. Ada yang terlahir dari keluarga miskin dan pas-pasan, namun berhasil membangun bisnis dari nol. Namun ada juga yang gigih mempertahankan serta mengembangkan bisnis keluarga. Tentunya kisah mereka dalam membangun sebuah bisnis layak menjadi inspirasi kita semua.

Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

2
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
1 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
2 Comment authors
TentikAtiek Dave Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Atiek Dave
Guest
Atiek Dave

Nomor 5 salah Photo Picture, yg bersangkutan adalah Mr. Kris Wiluan…

Tentik
Guest

Trima kasih koreksinya mbak Atiek 🙂

error: Sorry