Musik

10 Kematian Musisi Terkenal karena Kecelakaan Pesawat

Kehidupan seorang musisi bisa dibilang berbahaya. Banyak nama-nama terkenal yang meninggal karena overdosis dari narkoba, penggemar yang amat sangat fanatik, ataupun gun fights. Tampaknya sedikit sekali kita dengar pemusik yang meninggal karena faktor umur.  Namun ada beberapa pemusik yang meninggal dari kecelakaan pesawat atau helikopter. Berikut adalah 10 kematian musisi terkenal karena kecelakaan pesawat.


10Randy Rhoads

musisikecelakaanpswt10

Pada tanggal 19 Maret 1982, Randy Rhoads, seorang lead guitarist untuk band Ozzy Osbourne meninggal sewaktu pesawat Beech Bonanza F35 yang ditumpanginya menabrak sebuah rumah. Pesawat meledak dan terbakar seketika, dan nyawa Randy pun tidak tertolong lagi. Kejadian ini bermula ketika sang pilot dari pesawat tersebut membuat tiga penerbangan rendah sekitar sepuluh meter di atas tanah dalam upaya untuk mem-buzz tour bus yang saat itu berisikan Ozzy Osbourne, manager Sharon Arden dan bassist Rudy Sarzo. Namun sayang, pada upaya berikutnya sayap kiri pesawat itu bertabrakan dengan bagian belakang bus, menabrak sebuah pohon pinus besar dan akhirnya menabrak atap dari rumah tersebut. Randy Rhoads masih berusia 25 tahun.


9Otis Redding

musisikecelakaanpswt9

10 Desember 1967, pesawat Beechcraft H18 yang diawaki penyanyi Rock’n’Roll terkenal Otis Redding jatuh di sungai es Monoma, Wisconsin. Kejadian ini merenggut nyawa sang penyanyi yang berusia 26 tahun saat itu, dan empat anggota band lainnya. Redding dikenal oleh lagunya yang berjudul ‘Sittin on the Dock of the Bay’, yang ironisnya baru saja direcord hanya tiga hari sebelum kecelakaannya.


8Ricky Nelson

musisikecelakaanpswt8

Kecelakaan pesawat kembali merenggut nyawa penyanyi Rock’n’Roll Ricky Nelson, berusia 45 tahun, lima anggota bandnya ‘Stone Canyon band’, dan juga tunangannya. Semuanya tewas ketika kebakaran terjadi di pesawat DC-3 yang membawa mereka ke pertunjukan Malam Tahun Baru di Dallas, Texas. Hanya dua orang yang selamat dari kecelakaan ini. Kebakaran disebabkan oleh pemanas pesawat yang rusak.

Nelson dikenal pertama kali sebagai anak dari Ozzie dan Harriet di acara TV mereka dengan nama yang sama di akhir tahun 1950-an. Dia kemudian menjadi terkenal sebagai pelantun hits seperti ‘Travelin Man’ dan ‘Garden Party’.


7Aaliyah

musisikecelakaanpswt7

Kita semua pasti tidak asing lagi dengan nama yang satu ini. Di usia yang sangat muda (22 tahun), penyanyi R&B Aaliyah, tewas ketika pesawat Cessna 402-B yang ditumpanginya jatuh saat lepas landas meninggalkan Bahama. Penyelidikan mengungkapkan bahwa pilot memiliki jejak kokain dan alkohol di dalam tubuhnya, selain itu pesawat juga kelebihan beban. Tragis, sembilan orang di dalam pesawat tewas. Kejadian ini terjadi pada tanggal 25 Agustus 2001.


6John Denver

musisikecelakaanpswt6

Pada tanggal 12 Oktober 1997 , penyanyi John Denver (53 tahun  meninggal ketika pesawat bermesin tunggal eksperimentalnya Rutan Long EZ jatuh di dekat Monterey , California. Pada awalnya , regu penyelamat tidak bisa mengidentifikasi tubuh karena wajah John Denver terbakar sampai tak bisa dikenali lagi, tetapi pemerintah kemudian mampu mengidentifikasi Denver oleh sidik jarinya.

Denver terkenal untuk karyanya yang berjudul ‘Leaving on a Jet Plane’, ‘Country Roads’ , ‘Rocky Mountain High’ , dan lagu-lagu lainnya. Kecelakaan itu terjadi ketika Denver tidak sengaja menekan kemudi pesawat itu ke bawah ketika Ia mencoba untuk menggapai tombol saklar bahan bakar pesawat di belakang kursinya. Pesawat telah dimodifikasi sedemikian rupa untuk menempatkan saklar pemilih bahan bakar di belakang tempat duduk pilot daripada di antara kakinya.


5Patsy Cline

musisikecelakaanpswt5

Patsy Cline, berumur 30 tahun, terbunuh saat pesawat Piper PA-24 Comanche jatuh dekat Camden, Tennessee dikarenakan oleh kondisi cuaca yang sangat buruk. Kecelakaan ini terjadi pada tanggal 5 Maret 1963, jam 6.20 PM. Estimasi ini diambil berdasarkan jam tangan yang dikenakan Patsy ditemukan di hutan yang berjarak hanya sekitar 144km dari tujuan akhir penerbangannya.

Patsy dikenal oleh lagu countrynya yang berjudul ‘Crazy’.


4Jim Croce

musisikecelakaanpswt4

20 September 1973, industri musik harus bersedih karena kehilangan penyanyi rock terkenal Jim Croce yang saat itu berusia 30 tahun. Pesawat chartered Beechcraft E18Snya jatuh saat lepas landas dari bandara Natchitoches, Lousiana. Pesawat tersebut menabrak sebuah pohon ketika gagal mendapatkan cukup ketinggian untuk lepas landas. Kecelakaan ini juga merenggut nyawa managernya Dennis Rast, pelawak George Stevens, pengiring Maurice Muehleisen, dan juga sang pilot.


3Stevie Ray Vaughan

musisikecelakaanpswt3

Tidak hanya pesawat, namun sebuah kecelakaan helikopter juga harus merenggut nyawa sang gitaris Blues ‘Stevie Ray Vaughan’ di usia 35 tahun. Helikopter tersebut jatuh di dekat East Troy, Wisconsin. Saat itu ada empat buah helikopter yang dipakai untuk membawa grup tersebut. Naas, helikopter BHT-206-B yang ditumpangi Stevie Ray Vaughan tetap terbang pada ketinggian yang lebih rendah dan jatuh ke tanah setelah lepas landas menuju kabut yang amat sangat tebal. Sama seperti list sebelumnya, kegagalan untuk mencapai ketinggian yang memadai mengakibatkan kematian kelima orang yang berada di helikopter tersebut.


2Ronnie VanZant, Steve Gaines dan Cassie Gaines

musisikecelakaanpswt2

Jika anda tidak tahu mereka, mungkin nama band yang dikepalai oleh vokalis Cassie Gaines akan mengingatkan anda. Nama band itu adalah Lynyrd Skynyrd. Pesawat mereka jatuh pada tanggal 20 Oktober 1977 dan menewaskan penulis lagu Ronnie VanZant, gitaris Steve Gaines dan sang vokalis Cassie Gaines. Asisten manager Dean Kilpatrick, pilot Walter McCreary dan co-pilot William Gray juga menjadi korban dari kecelakaan naas tersebut.

Menurut laporan dari NTSB, pilot salah perhitungan jumlah bahan bakar yang disediakan di Lakeland, Florida dua hari sebelumnya. Ketika mereka mendarat di Greenville, Carolina Selatan untuk mengisi bahan bakar, kesalahan ini diperparah karena mereka percaya bahwa bahan bakar yang mereka punya sudah lebih dari cukup. Terlebih pesawat itu juga mengalami beberapa masalah mekanik yang memaksa pilot untuk mengaktifkan mesin bagian kanan di posisi ‘auto-rich’ yang membutuhkan bahan bakar pada tingkat berlebihan. Kombinasi dari semua masalah ini mengakibatkan bahan bakar benar-benar hampir habis sehingga pilot mengubah arah menuju sebuah bandara dekat Mississippi tapi tragis pesawat jatuh di hutan rawa.


1Buddy Holly, Big Bopper, Ritchie Valens

musisikecelakaanpswt1

Pada 3 Februari 1959 , sering dianggap : The Day The Music Died, Rock Hall of Famers Buddy Holly (22), Big Bopper (JP Richardson) (29) , dan Ritchie Valens (18) serta pilot Roger Peterson meninggal dunia ketika mereka pesawat Beechcraft Bonanza mereka jatuh di luar Clear Lake, Iowa, pada malam musim dingin yang saat itu disertai badai.

Holly terkenal karena banyak hits termasuk ‘Peggy Sue’. The Big Bopper memiliki satu hit besar ‘Chantilly Lace’, dan Valens terkenal karena hits-nya , ‘Oh , Donna’, dan ‘La Bamba’.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry