Bisnis, Fashion & Hobby

10 Bisnis Startup Ini Milik Artis Indonesia, Lho!

Dunia entertainment dinilai memiliki peluang dan prospek yang menjanjikan. Tampil di layar televisi dengan dandanan anggun dan tampan, memberikan senyum termanis, karya terbaik, dan profesionalitas dalam bekerja. Seringkali para artis mengaku menjalani profesinya sebagai sebuah hobi dan sangat bersyukur karena bisa memiliki pekerjaan sebagai seorang artis. Namun perlu disadari bahwa dunia entertainment tak lantas selalu menjanjikan posisi atas dan keadaan naik daun bagi para artis. Munculnya seniman-seniman baru dalam bidang seni tarik suara, akting, model, dan pekerjaan dalam dunia hiburan ini menjadi tantangan bagi para artis lama untuk tetap mempertahankan eksistensinya guna tetap dapat menyambung hidup.

Mengetahui bahwa keadaan ini termasuk dalam kategori resiko uncertainty, sepuluh artis Indonesia berikut telah mewujudkan inisiatifnya untuk membangun bisnis rintisan atau startup yang cukup melejit dan sukses. Siapa saja mereka?


10Christian Sugiono – MalesBanget.com

bisnisartis10

Suami Titi Kamal ini merupakan seorang co-founder dan CEO MalesBanget.com yang merupakan website humor cukup fenomenal dan dibangun sejak tahun 2003. Christian berhasil menarik minat para investor untuk menanamkan modal pada MBDC. Beberapa para investor yang menyuntikkan dana kepada MBDC Media antara lain Rebright Partners dan 500 Startups.

Pada dasarnya, MalesBanget.com mempunyai konsep menjadi sebuah portal yang cukup terkenal di kalangan mahasiswa yang sedang berada di luar negeri misalnya untuk urusan pendidikan. Sempat “mati” pada tahun 2006 akibat Christian agak terfokus pada proyek lain yaitu Subtube Studio, ia kemudian mengembangkan kembali MBDC dengan menjadikannya PT MBDC Media sekaligus perusahaan induk bagi Subtube, MalesBanget, dan proyek lainnya yang ingin dibangun bersama co-founder Arianjie Az.


9Giring Nidji – Kincir.com

bisnisartis9

Berawal dari keinginannya untuk tetap bisa merangkul para idola agar tetap bisa menjadi besar, Giring, sang vokalis grup band Nidji memutuskan untuk membuat sebuah bisnis startup yang bertujuan untuk dapat mengelola fans clubnya dengan baik. Kincir.com dibangun pada bulan Maret tahun 2013 lalu. Bisnis ini bahkan berhasil mendapatkan suntikan dana investasi dari Djarum dan kini berada di bawah naungan Grup Djarum, yaitu GDP Venture.

Website Kincir.com memfasilitasi hobi kepo para fans dan keinginan untuk tetap keep in touch artis dengan para penggemarnya. Di sini, para penggemar bisa mengetahui profil artis secara rinci hingga melakukan live chat dengan para idola mereka. Tim Giring akan terus melakukan pembaharuan mengenai info-info terbaru dari para selebriti tersebut.


8Rebecca Reijman – BeautyTreats.co.id

bisnisartis8

Awalnya terkenal sebagai seorang penyanyi. Rebbeca Reijman atau yang akrab dipanggil Rebecca ini memutuskan untuk tergabung dalam bisnis kencantikan melalui website BeautyTreats.co.id yang dibangunnya sejak Maret 2013 lalu. BeautyTreats.co.id menawarkan paket-paket berlangganan yang merupakan beauty box. Beauty box ini sendiri berisi sample kosmetik dari berbagai brand ternama. Selain itu website ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur, tips kecantikan, dan toko kosmetik online.


7Zivanna Letisha Siregar – Skin.co.id

bisnisartis7

Putri Indonesia 2008, Zivanna Letisha Siregar merupakan seorang co-founder dari Skin.co.id. Website ini merupakan sebuah media online kecantikan. Dalam membangun bisnis online rintisan ini, Zivanna tak sendirian. Ia berkolaborasi dengan Denny Santoso, seorang tokoh terkenal dari media sosial yang juga memiliki toko online kecantikan. Skin.co.id sendiri merupakan hasil pivot dari Beautiplan yang merupakan sebuah media sosial untuk artis make-up di Indonesia. Pivot sendiri berarti keputusan untuk memecat rencana bisnis (business plan), bukan memecat pekerjanya.


6Deddy Corbuzier – ReadyForFit.com

bisnisartis6

Dikenal pertama sebagai seorang mentalist, Deddy Corbuzier juga merambat ke dunia entertainment dan memiliki acara TV sendiri yang ditayangkan oleh salah satu stasiun TV swasta di Indonesia. Selain itu, Deddy juga memiliki bisnis lain yakni website ReadyForFit.com yang merupakan realisasi dari media promosi diet OCD (Obsessive Corbuzier Diet) – sebuah pola diet ketat yang pada dasarnya mengatur jam makan seseorang. Website ini memberikan kemudahan bagi para fans untuk dapat mengakses pola diet dan berkomunikasi di forum OCD yang telah memiliki lebih dari 3.700 anggota.


5Dian Sastrowardoyo – RuangGuru.com

bisnisartis5

Kenal dengan artis yang melegenda lewat bakat aktingnya dalam film “Ada Apa Dengan Cinta?” ini? Selain dikenal pintar dan jago dalam berakting, Dian juga dikenal sebagai pribadi yang cerdas. Maka bisnis rintisannya pun tak jauh dari dunia pendidikan. RuangGuru.com merupakan situs yang pada dasarnya berusaha menghubungkan guru dan murid yang sebelumnya kesulitan untuk melakukan kontak akibat keterbatasan informasi.

Website ini menjembatani komunikasi antara murid dan guru di 33 provinsi di Indonesia sehingga lebih praktis, menghemat waktu, dan memberikan kesempatan bagi para guru untuk promosi dan mendapatkan lebih banyak murid. Dian merupakan salah satu dari co-founder RuangGuru.com.


4Daniel Mananta – Whiskoo.com

bisnisartis4

Awalnya dikenal sebagai seorang pembawa acara di salah satu stasiun TV swasta terkenal di Indonesia. Daniel Mananta melebarkan sayapnya melalui berbagai bisnis, salah satunya pada bisnis clothing dan situs online. Situs online yang dibangunnya adalah Whiskoo.com yang merupakan situs berkonsep utama mengabulkan permintaan membernya.

Whiskoo.com menghadirkan sebuah konsep bisnis yang unik dengan mewujudkan pemberian kado yang tepat bagi masyarakat Indonesia dalam momen istimewa seperti momen ulang tahun, kelulusan, dan sebagainya. Member juga bisa memberikan donasi untuk merealisasikan keinginan tersebut.


3Andriani Marshanda – InspireCast

bisnisartis3

InspireCast merupakan website non-profit yang menggunakan podcast untuk menampilkan berbagai video inspiratif selama kurang lebih 15 hingga 25 menit. Konten dari video ini merupakan interview langsung dengan narasumber yang sesuai dengan tagline InspireCast. Narasumbernya pun beragam, tidak harus seorang artis atau seniman yang bekerja dalam dunia hiburan, yang terpenting dari konten ini adalah materi yang diberikan.

Marshanda selaku co-founder dan team InspireCast ini berhasil memberikan produk terbaik dimana video yang ditayangkan tidak sekedar wawancara yang mendapatkan jawaban singkat tetapi memberikan kebebasan para narasumber untuk bercerita lebih banyak dan memberikan inspirasi lebih banyak pula.


2Cut Tari dan Richard Kevin – iPosting.com

bisnisartis2

Jika Anda aktif di dunia maya, Anda pasti tak asing dengan media sosial Twitter. Beberapa tahun yang lalu, artis Cut Tari dan Richard Kevin berhasil membuat sebuah microblog sejenis Twitter yang diberi nama iPosting.com dan telah memiliki lebih dari 12.000 pengguna. Cara kerjanya nyaris sama dengan Twitter. Pengguna bisa menjadi follower artis yang mereka dambakan dan berkomunikasi dengan menyebutkan username mereka.


1Asmirandah – Manja Cloth

bisnisartis1

Asmirandah juga meramaikan dunia startup dengan menjual berbagai jenis busana baik untuk pria dan wanita dengan nama Manja Cloth. Bisnis yang dirintis sejak April 2014 ini diakui telah cukup meraup untung dan mendapat respon positif dari para pelanggannya. Asmirandah mengaku akan tetap menjaga kualitas produknya dengan mencari langsung bahan kainnya dan mendesain sendiri produknya. Hal yang lebih menyenangkan lagi bagi para wanita yang hobi belanja, harga rata-rata yang dipatok di Manja Cloth berada di bawah kisaran Rp 300.000,00. Cukup terjangkau bukan?


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
2 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Riska
5 years ago

Artis Indonesia banyak jg ya yg sukses berbisnis. Tadi aku juga baca nama-nama lainnya dari laman tehpucukharum com. Wah, mereka memang public figure yang bisa di tiru hehe

adirapinjamandana
4 years ago

Dapatkan pinjaman dana tunai hanya dengan gadai bpkb mobil dan kredit mobil bekas termurah untuk seluruh wilayah indonesia hanya bisa anda dapatkan di Adira Finance.

Contact Person :

Sukma Dinata ( Marketing Officer )

Telp / Whatsapp / Line : 081280295839 – BBM. D12BF22E

error: Sorry