Kuliner

Berani Mencoba 10 Makanan Ekstrim Ini?

Makanan luar negeri bisa jadi tak menggugah selera orang asing, tetapi amat disukai warga negara dimana makanan tersebut berasal. Seperti misalnya orang Indonesia amat menyukai pempek, tapi belum tentu lidah orang bule juga doyan dengan makanan tersebut. Ini sangatlah normal, namun tahukah Anda akan makanan yang begitu menjijikan bahkan bagi orang lokal sekalipun?

Jika kuliner larva ataupun serangga sudah terkesan sangat ekstrim untuk Anda, bisa-bisa Anda pingsan begitu disuguhi oleh makanan yang ada di dalam artikel ini. Atau jika Anda ingin tantangan yang lebih, Anda dapat mencoba daging ular Kobra dari Yogyakarta atau minuman anggur dari Korea yang direndam bersama bayi tikus mati.

Masih kurang? Mari baca lebih lanjut dan lihat apakah makanan ekstrim berikut ini dapat menggugah selera Anda.


10Head Cheese – Eropa

makananekstrim10

Meski namanya membuat Anda berpikir bahwa makanan ini menggunakan keju sebagai bahan bakunya, ternyata aslinya sama sekali tidak ada unsur kejunya. Head Cheese of Europe sebenarnya adalah terrine atau meat jelly yang terbuat dari kepala hewan. Dan hewannya pun tidak terbatas pada satu jenis hewan saja, tapi bisa menggunakan kepala sapi, babi maupun domba.

Setelah kepala hewan terputus, kepala tersebut akan dibersihkan dan dimasak cukup lama sampai daging yang ada dapat diambil dengan mudah. Lalu daging itu akan dimasak lagi, dipotong, dan dimasukan ke dalam sosis. Lidah dari hewan juga kadang dimasukan. Hidangan ini sekarang sudah menyebar sampai ke Amerika Selatan.


9Animal’s Genitalia – Cina

makananekstrim9

Masyarakat di Cina percaya bahwa mengonsumsi kemaluan dari anjing, sapi jantan atau kambing dapat menyembuhkan berbagai penyakit.  Dan tak disangka, hidangan ini terbilang cukup mewah disana.

Kalau Anda penasaran, kemaluan anjing memiliki rasa yang aneh dan sulit untuk ditelan. Kemaluan banteng sedikit berotot dan berlendir, dan kemaluan domba berbentuk tipis dan kenyal.

8Huitlacoche – Meksiko

makananekstrim8

Dikenal juga sebagai truffle Meksiko, huitlacoche adalah jamur yang tumbuh di jagung yang tak terawat setelah hujan. Jamur ini muncul keluar dari sela-sela jagung dan ternyata huitlacoche jauh lebih sehat untuk dimakan daripada jagung itu sendiri.

Huitlacoche akan berubah menjadi hitam jika dimasak dan dapat dimasak seperti jamur biasa lainnya. Jika ingin mencoba, Anda cukup pergi ke supermarket di Amerika Serikat dan mencari huitlacoche yang sudah dikalengkan.


7Squirrel Brain – Amerika Serikat

makananekstrim7

Bagi orang Indonesia, otak sapi merupakan hidangan yang lezat dan banyak disajikan di rumah makan Padang. Namun bagaimana dengan otak tupai? Makanan ini telah mendapatkan banyak penggemar di Amerika Selatan meski mengonsumsi otak tupai dapat menyebabkan penyakit fatal yang disebut juga dengan penyakit sapi gila. Tidak main-main, penyakit ini dapat menyebabkan otak menjadi berlubang.


6Sannakji – Korea Selatan

makananekstrim6

Sannakji adalah tentakel bayi gurita yang sudah dipisahkan dari kepalanya. Walaupun begitu, tentakel ini masih menggeliat-geliat di atas piring dan bahkan di dalam mulut Anda. Masyarakat Korea biasanya mencelupkan Sannakji ke dalam minyak wijen sebelum mengunyah dan menelannya tanpa resiko sesak nafas.

Hidangan ini menimbulkan sedikit kontroversi di Amerika karena guritanya tampak hidup. Ini sebenarnya karena aktivitas saraf luar biasa yang membuat gurita seakan-akan masih hidup padahal telah mati.


5Testicles – Islandia dan Jepang

makananekstrim5

Di Islandia, testikel dari Ram (Domba jantan) disebut juga dengan istilah hrútspungur. Biasanya testikel diputus dan dibentuk menjadi balok, disiapkan dalam asam laktat dan disajikan sebagai semacam kue.

Lain halnya dengan Shirako dari Jepang. Shirako adalah testis dari ikan yang diisi dengan cairan mani ikan dan akan meledak-ledak di mulut Anda ketika dikunyah.


4Fruit Bats – Indonesia

makananekstrim4

Sejak zaman dulu, kelelawar merupakan makanan sehari-hari dan kadang digunakan sebagai pengobatan tradisional di seluruh dunia. Indonesia adalah salah satu dari sekian negara tersebut yang masih menyantap kelelawar buah atau fruit bats hingga sekarang. Warga lokal juga percaya bahwa kelelawar ini dapat mengobati asma dan penyakit medis lainnya.

Cara menghidangkan kelelawar ini ada dua macam, yaitu diasapi sampai menjadi seperti dendeng, atau bisa juga direbus dalam kaldu sop.


3Giant Bullfrog – Namibia

makananekstrim3

Katak raksasa beracun ini biasanya diburu setelah musim hujan di Namibia karena di saat inilah racun mereka tidak begitu kuat lagi sehingga lebih aman untuk dikonsumsi. Pada awal musim hujan, para koki mempersiapkan peralatan masak mereka yang dibuat dari pohon Omuhongo untuk menetralkan racunnya.

Amatlah berbahaya jika tidak melakukan ini karena beresiko nyeri buang air kecil, gagal ginjal, dan naasnya dapat menyebabkan kematian.


2Escamoles – Meksiko

makananekstrim2

Disebut juga sebagai caviar serangga, escamoles terbuat dari larva dan pupa semut. Harganya sangat mahal dikarenakan proses pengumpulan bahan utamanya yang sulit, pemburu harus menggali sampai dalam ke bawah tanaman agave dan harus tahan digigit oleh semut-semut dewasa yang menjaga larva dan pupanya.

Biasanya escamoles disajikan pada taco atau tortilla dengan sejumlah kecil cabai hijau, bawang cincang serta beberapa daun epazote.


1Stewed Dormice – Slovenia

makananekstrim1

Bangsa Romawi kuno gemar menikmati dormice dan negara Slovenia masih mempertahankan tradisi kuliner ini sampai sekarang. Dormice adalah tikus kecil gemuk yang menghabiskan hidup mereka dengan menjelajahi pohon. Mereka tampak seperti persilangan antara tikus dan tupai.

Tubuh mereka dapat direbus utuh-utuh dan dalam jumlah besar. Bulu-nya dapat digunakan untuk membuat pakaian musim dingin. Dormice harus ditangkap selama waktu-waktu tertentu, dan ketika mereka tak tersedia, penduduk Slovenia dapat menggunakan tikus sebagai penggantinya.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
2 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Fauzhan Syabhil
Fauzhan Syabhil
5 years ago

Surstromming cocok nih masuk daftar makanan ekstrim…

Tentik
5 years ago

Oh itu yang seperti sarden di kaleng itu ya hehe boleh juga 😀

error: Sorry