Dunia Medis Pengetahuan

Kejam dan Mengerikan, Ini 10 Teknik Pengobatan Zaman Dulu yang Pernah Ada

Hampir setiap penyakit bisa diatasi dengan penggunaan pengobatan medis yang sesuai dengan prosedur. Tapi, siapa sangka jika pada zaman dahulu, dikenal pengobatan yang sangat mengerikan. Berikut ini merupakan 10 pengobatan zaman dulu.


10Melubangi tengkorak kepala

Melubangi tengorak kepala merupakan salah satu metode pengobatan paling tua di dunia. Sebuah penelitian membuktikan bahwa metode pengobatan ini telah dilakukan sejak zaman Neolitikum. Metode pengobatan ini selanjutnya menyebar ke berbagai negara. Melubangi tengkorak kepala diketahui mampu menghilangkan rasa sakit kepala, epilepsi, bahkan gangguan psikologis.


9Menyembuhkan Syphillis dengan Merkuri

Anda mungkin sudah tahu sebelumnya jika merkuri merupakan materi beracun dan mematikan bila masuk ke dalam tubuh manusia. Akan tetapi, masyarakat zaman dulu malah menggunakan materi berbahaya ini untuk pengobatan penyakit seperti syphililis dengan mengoleskannya pada kulit, diminum, maupun disuntikkan.


8Pemotongan Lidah

Pemotongan lidah merupakan metode pengobatan yang dilakukan pada tiga abad yang lalu. Menurut sejarah, metode pemotongan lidah ini bertujuan untuk menyembuhkan hambatan bicara atau gagap. Dibandingkan dengan pengobatan, pemotongan lidah lebih seperti hukuman karena saat ini terapi bicara dianggap lebih aman dan efektif untuk mengatasi hambatan bicara atau gagap.


7Pengobatan Kanker

Sudah sejak zaman dulu penyakin kanker menjadi momok menakukan dalam dunia pengobatan. Berdasarkan temuan foto pada zaman dulu, dalam pengobatan kanker, dokter menggunakan suatu alat yang berbetuk menyerupai masker wajah. Alat yang belum diketahui namanya ini dibuat dari bahan plat besi dan terlihat sangat mengerikan untuk dipasang di wajah pasien.


6Leucotomy

Leucotomy atau Lobotomi merupakan suatu operasi bedah saraf yang bertujuan untuk memutuskan koneksi pada lobus prefrontal otak sebagai pengobatan untuk skizofrenia, bipolar, serta gangguan mental lainnya. Lebih lanjut, dr. Walter Freeman melakukannya dengan menghujamkan pisau pembelah es pada sudut mata pasien yang terbaring tidak sadar bahkan sadar sehingga mengakibatkan meninggal.


5Bloodletting

Bloodletting atau pembuangan darah adalah salah satu metode pengobatan yang cukup populer di India serta negara-negara Arab. Metode pengobatan yang beberapa kali disebutkan dalam dokumen medis di Yunani dan Mesir bertujuan untuk membuang darah kotor dalam tubuh yang menyebabkan penyakit. Proses bloodletting sendiri memiliki proses yang serupa dengan proses menstruasi.


4Electroconvulsive Therapy

Pengobatan Electroconvulsive Therapy merupakan metode pengobatan yang dua elektroda dipasang pada pelipis guna dapat menghantar arus bolak-balik melalui kepala. Arus tersebut kemudian mengakibatkan pasien kehilangan kesadarannya sehingga memicu kejang konvulsif. Metode pengobatan ini pada umumnya ditujukan pada pasien dengan gangguan psikologis seperti depresi.


3Topeng Plague Doctor untuk Wabah Penyakit

Pada abad ketujuh belas dan kedelapan belas, para dokter yang ditugaskan untuk menangani pasien yang terkena wabah penyakit masal, diharuskan menggunakan topeng yang diberi nama Plague Doctor. Topeng tersebut dilindungi sejenis lapisan lilin tebal serta dilengkapi dengan jubah tebal, sarung tangan, topi, serta sepatu untuk melindungi tubuhnya.


2Terapi Penyembuhan Gay

Sebelum dihapus dari American Psychiatric Association (APA), homeksualitas masih dimasukkan dalam gangguan mental. Oleh karena itu, pada saat itu diterapkan secara rutin agar dapat mencegah atau menghilangkan perilaku homoseksual. Banyak pasien dipaksa menerima pengebirian kimia serta terapi kejut listrik langsung pada alat kelamin mereka.


1Morfin untuk balita

Pada abad kesembilan belas, seorang bidan dan pengasuh anak, meramu sebuah obat yang mengandung 65 mg morfin dan alkohol murni untuk menenangkan balita yang rewel dan bandel selama masa-masa teething alias tumbuh gigi. Bahkan terkadang ramuan tersebut juga mengandung natrium karbonat, kloroform, kodein, heroin, opium, spirit foeniculi, ammonia, hingga ganja.

Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry